Selasa, 11 Mei 2010

TRAKTOR RODA-2





TRAKTOR RODA-2



Traktor roda-2 merupakan alat pengolah tanah utama saat ini. Hal ini mengingat ternak kerja sudah sangat berkurang. Sekarang memelihara ternak kerbau/sapi untuk digemukkan ataupun diperah susunya. Traktor roda-2 ini digunakan untuk mengolah tanah sehingga siap untuk ditanami.
Traktor roda dua dilihat dari penghubungan dengan perlengkapannya terdiri dari dua tipe yaitu tipe hitch (gambar traktor roda-2 diatas) dan tipe rotary (gambar disamping) Pada tipe rotary apabila unit rotarynya dilepas maka dapat dipasangi hitch untuk menarik peralatan. Peralatan yang dapat dipasang pada hitch adalah bajak singkal, bajak parabola, garu, gelebek, ridger.
Bajak singkal dan bajak parabola berfungsi untuk memotong, membalikkan, pemecahan tanah serta pembenaman sisa-sisa tanaman kedalam tanah, dan digunakan untuk tahapan kegiatan pengolahan tanah pertama. Garu berfungsi untuk menghacurkan bongkahan-bongkahan tanah hasil pembajakan. Sedangkan gelebeg berfungsi untuk meratakan lahan setelah dilakukan penggaruan.
Untuk pengolahan lahan dengan rotary, tanah dibalik, dihancurkan/dicacah oleh pisau-pisau rotary. Dengan rotary dihasilkan lahan yang siap tanam. Namun petani di Jawa tidaklah puas bila pengolahan dengan rotary karena dianggap pengolahan lahan kurang dalam.
Berdasarkan besarnya daya tenaga penggerak, traktor tangan dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu :
- Traktor tangan berukuran kecil, dengan tenaga penggerak kurang dari 5 HP
- Traktor tangan berukuran sedang, dengan tenaga penggerak antara 5 - 7 HP
- Traktor tangan berukuran besar, dengan tenaga penggerak antara 7–12 HP




Tidak ada komentar:

Posting Komentar